Contoh Soal CPNS 2018: KISI-KISI TES SKB CPNS 2018

Posted on



Contoh Soal CPNS 2018: KISI-KISI TES SKB CPNS 2018 – #cpns2018 #tesSKB #panselnas

BKN Umumkan Sistem SKB yang Digunakan.
Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan sistem seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS yang akan digunakan untuk tahap selanjutnya.
Tahap SKB ini dimulai setelah tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) selesai.
Pelaksanaan SKB akan dijadwalkan sekitar 22 hingga 28 November 2018.
Sedangkan pengumuman akhir direncanakan sekitar minggu pertama pada Desember 2018.

Menjelang pelaksanaan tahap SKB, BKN memberikan kisi-kisi tes.
Dilansir dari Twitter resminya, BKN mengumumkan terdapat dua jenis jabatan atau formasi yang nantinya akan mempengaruhi jenis soal yang akan diujikan pada tes SKB CPNS 2018.
Jenis jabatan tersebut yaitu Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan Jabatan Pelaksana (JP).

BKN menyebut profesi seperti guru, dokter, apoteker, dan lainnya termasuk ke dalam kategori JFT.
Jika kamu masih bingung apakah jabatan formasi yang kamu lamar termasuk Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) atau tidak, kamu bisa mencari tahunya melalui peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

BKN juga menjelaskan, pada setiap jabatan di jenis JFT telah diatur dalam Permenpan RB.
Bila formasi yang dilamar peserta CPNS 2018 masuk dalam kategori JFT, soal ujian SKB tak jauh dari Permenpan RB tersebut.
Sementara itu, bagi peserta CPNS 2018 yang melamar Jabatan Pelaksana (JP), kamu bisa cek Permenpan RB 25/2016 tentang Nomenklatur JP.
Di dalamnya, terdapat deskripsi tugas dari JP sehingga bisa memberikan gambaran tentang jenis soal yang akan kamu hadapi saat tes SKB CPNS 2018 nanti.

Lalu jenis sistem seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2018 seperti apa yang akan digunakan?
Dikutip TribunJakarta.com pada laman Twitternya @BKNgoid, BKN mengatakan sistem SKB nantinya bergantung instansi yang dilamar CPNS 2018.
Meski demikian, BKN memastikan untuk pelamar CPNS 2018 di Instansi Pemda di Provinsi, Kabupaten dan Kota, sistem SKB yang digunakan hanya melalui Computer Assisted Test (CAT).

Selain itu, unutk pelamar CPNS 2018 di Kementerian/Lembaga (K/L) sistem SKB yang digunakan bisa CAT BKN saja. tetapi dapat pula melalui tes kesemaptaan, wawancara dan sebagainya.
Meski demikian, BKN mengingatkan jika ada sistem SKB yang bisa mengunggurkan seperti tes renang untuk Instansi SAR Nasional.

Dalam pengumumannya, BKN kembali menghimbau kepada pelamar CPNS 2018 agar memperhatikan pengumuman instansi yang dilamar.

Perbedaan JFT dan Pelaksana.

Meski sama-sama berstatus sebagai PNS di lingkungan pemerintahan, ternyata jabatan fungsional tertentu (JFT) dan jabatan pelaksana (JP) memiliki perbedaan.
Berikut perbedaan jabatan fungsional tertentu (JFT) dan jabatan pelaksana (JP) dilansir dari bkpp.slemankab.go.id pada Selasa (13/11/2018):
1. Kenaikan pangkat
– Kenaikan pangkat JFT ditentukan berdasarkan nilai angka kredit yang diperoleh.
– Kenaikan pangkat bagi JFU atau jabatan pelaksana naik pangkat secara reguler tiap 4 tahun sekali selama memenuhi persyaratan.

2. Tunjangan
– JFU dan struktural mendapat tunjangan umum dan tunjangan struktural.
– Besaran tunjangan JFU termasuk pelaksana didasarkan golongan dan tunjangan struktural berdasarkan eselon.
– JFT mendapat tunjangan fungsional yang berbeda sesuai aturan masing-masing JFT.
– Tunjangan fungsional akan naik apabila JFT naik jenjang dengan kenaikan yang cukup besar.
– Berdasarkan UU ASN, ke depan sistem penggajian akan menggunakan sistem single salary. Hal ini menyebabkan JFT-JFT baru yang ditetapkan setelah UU ASN tidak diberikan tunjangan fungsional namun tunjangan umum sambil menunggu peraturan pemerintah selanjutnya.

3. Jenjang karier
– Jenjang karier JFT dapat bersifat zig zag artinya JFT dapat diangkat menjadi pejabat struktural dan dapat kembali menjadi JFT.

Lolos CPNS 2018: Contoh Soal CPNS 2018 Dan Pembahasannya

Download Contoh Soal CPNS 2018 Beserta Jawabannya

QWERTY – Lolos CPNS 2018: Contoh Soal CPNS 2018 Dan Pembahasannya. Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil masih merupakan pekerjaan idaman bagi setiap pelamar pekerjaan yang ada di Indonesia. Apalagi mereka merupakan seorang fresh graduate yang baru saja menyelesaikan pendidikannya.

Tertarik untuk ikut Seleksi CPNS dan Ingin Lulus Tes CPNS 2018? Jika iya, mulailah mencari dan mengumpulkan berbagai contoh soal tes CPNS 2018, dan mulai mempelajari dan menguasai semua bentuk soal yang akan diujikan nanti.
Jika kamu ingin mempelajari, memahami dan menguasai semua bentuk soal tes CPNS 2018 yang ternyata masih sama dengan tahun 2017 yang lalu, yakni berupa:

A. Tes Kompetensi Dasar (TKD):

Tes Kompetensi Dasar (TKD) terdiri dari:

1. Tes Intelegensia Umum (TIU)
2. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

B. Tes Kompetensi Bidang (TKB):

Tes Kopentensi Bidang (TKB) terdiri dari:

Tes Inteligensia Umum (TIU)

A. Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis;
B. Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka;
C. Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis
D. Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

1. Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika ;
2. Undang-Undang Dasar 1945;
3. Negara Kesatuan Republik Indonesia:

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Rekrutmen CPNS 2018 ini akan lebih ketat dari pada tahun-tahun sebelumnya, karena pemerintah bertujuan melahirkan Pegawai Negeri yang profesional, ditempatkan sesuai dengan latar belakang pendidikannya.
Semua contoh soal CPNS 2018 diatas beserta pembahasannya telah dilengkapi dengan Tips Super Lulus Tes CPNS 2018, Kumpulan Soal-soal CPNS 2018, Kunci Jawaban, beserta Pembahasannya dan Trik dalam menjawabnya.
Bagaimana cara mengatur waktu, cara menjawab cepat, cara menghitung cepat, dan sebagainya, dalam menghadapi tes seleksi penerimaan cpns 2018. Selamat berjuang!!

Persiapan yang matang adalah hal yang sangat penting dilakukan agar bisa lulus pada semua tahapan tes seleksi CPNS. Hal tersebut karena lowongan CPNS yang tersedia terbatas sementera jumlah peserta setiap tahunnya terus mengalami peningkatan sehingga persaingan semakin ketat.

Untungnya proses seleksi CPNS sudah mulai dilakukan secara trasparan untuk menghindari praktik sogok-menyogok sehingga peluang untuk lulus hanya bisa diraih oleh peserta yang benar-benar memiliki persiapan yang matang. Salah satu strategi yang sangat efektif adalah melakukan perisiapan jauh-jauh hari sebelum hari H pelaksanaan tes.

Baca Juga: Download 8 Bocoran Soal CPNS 2018! Ini Link Download Contoh Soalnya MENPAN-RB

Jangan meniru kebiasaan buruk mereka yang telah gagal dalam proses seleksi CPNS di tahun-tahun sebelumnya, yaitu kebiasaan menunda-nunda untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian seleksi CPNS. Mereka baru berlatih mengerjakan soal-soal ujian CPNS setelah melihat nama mereka muncul di pengumuman peserta tes. Itu adalah kesalahan besar, sebab jarak antara pengumuman tes dengan waktu pelaksanaan tes biasanya sangat singkat sehingga waktu untuk berlatih mengerjakan soal-soal menjadi sangat singkat. Jika demikian, Anda akan sama
dengan orang yang terjun ke medan tempur tanpa amunisi yang cukup maka dalam sekejap Anda akan gugur.

Jumlah soal-soal yang disiapkan oleh panitia dalam database CAT sangat banyak dan muncul secara acak pada saat pelaksanaan tes. Kabar baiknya adalah, soal tes tahun-tahun sebelumnya berpotonsi muncul lagi sehingga semakin banyak soal-soal tes yang kita pelajari, semakin besar peluang untuk mendapatkan soal yang sama pada saat menghadapi tes CAT sehingga peluang untuk lulus semakin besar.

Jika anda telah selesai mengikuti Tes CAT, segeralah persiapkan diri untuk tahapan tes berikutnya tanpa menunggu pengumuman hasil tes CAT. Biasanya tahapan tes berikutnya adalah Tes Kompetensi Bidang, psikotes, dan wawancara. Soal-soal tes kompetensi bidang biasanya berbeda-beda, tergantung kementerian lembaga yang ada lamar.

Baca Juga: Contoh Soal CPNS 2018: Contoh Soal Kemenkumham Lolos CPNS 2018

Sedangkan untuk psikotes, soal yang selalu mencul adalah tes menggambar orang, tes melanjutkan gambar serta tes koran. Meskipun kelihatan mudah, namun tidak boleh kita remehkan karena tes tersebut selalu menggugurkan banyak peserta tes. Bagaimana tidak, waktu yang tersedia sangat terbatas misalnya untuk tes menggambar orang dan pohon hanya 5 menit. Jika kita kurang berlatih, dipastikan hasilnya akan kacau balau sehingga tidak bisa lulus.

Jadi intinya, jika anda serius ingin lulus seleksi CPNS, persiapkanlah diri Anda sejak awal dengan banyak berlatih mengerjakan soal-soal tes CPNS.

Persiapan tentunya dapat dilakukan dengan banyak berlatih mengerjakan soal-soal tes CPNS. Saat ini, soal-soal latihan tes CPNS bisa didapatkan baik dengan membeli buku soal-soal tes CPNS di Toko Buku atau bergabung menjadi member pada website penyedia jasa Bimbingan Belajar CPNS secara online.

Download Bocoran Soal CPNS di Sini

Berikuti ini link donwload materi soal-soal test CPNS.

Naskah Soal 1: Soal-Soal CPNS, Contoh Soal CPNS’>Tes CPNS, Tes Intelegensi Umum – TIU

Naskah Soal 2: Contoh Soal, TKD CPNS, Soal TKD, Soal TPA, Tes Intelegensi Umum – TIU

Naskah Soal 3: Latihan Soal, CPNS’>Tes CPNS, Soal CAT CPNS, Tes Intelegensi Umum – TIU

Naskah Soal 4: Soal CPNS, Soal dan Jawaban, Materi Soal CPNS, Tes Wawasan Kebangsaan – TWK

Naskah Soal 5: Soal CPNS’>Tes CPNS, Soal CPNS Pdf, Tes Wawasan Kebangsaan – TWK

Naskah Soal 6: Tes CPNS 2018, Soal CPNS 2018, Soal Psikotes, Seleksi CPNS

Naskah Soal 7: CPNS’>Tes CPNS, Latihan Soal CPNS, Tes Karakteristik Pribadi

Naskah Soal 8

Recent search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *